PENGEMBANGAN KURIKULUM
TUGAS UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SESUAI KURIKULUM 2013
OLEH
:
NIM : 201110070311036
KELAS : BIOLOGI V A
JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
JANUARI 2014
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
: SMAN 1
Rambah, Pekanbaru-Riau
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas
/ Semester : XII (
Dua Belas ) / I ( Satu )
Materi
Pokok :
Pembelahan Sel
Alokasi
Waktu : 3 Minggu x
4 JP
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri
serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar pada KI-1 :
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi DNA, gen dan kromosom
dalam pembentukan dan pewarisan sifat serta pengaturan proses pada mahluk hidup
1.2
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam
kemampuan mengamati bioproses.
1.3 Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan
hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran
agama yang dianutnya.
Kompetensi
Dasar pada KI-2 :
2.1
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,
dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan
pertanyaan dan berargumentasi, peduli
lingkungan, gotong
royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis,
responsif dan proaktif
dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di
dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas
/
laboratorium.
2.2
Peduli terhadap
keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan
pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar pada KI-3 :
3.4 Menganalisis proses pembelahan sel
Indikator
:
3.4.1
Siswa dapat menjelaskan pengertian
pembelahan sel
3.4.2 Siswa dapat menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis pada fase interfase
dan mitotik
3.4.3
Siswa dapat menjelaskan tahap-tahap pembelahan meiosis
pada
meiosis I dan II
3.4.4
Siswa dapat membedakan pembelahan
mitosis dan meiosis
3.4.5 Siswa dapat menjelaskan proses perbedaan
gametogenesis pada hewan dan tumbuhan tingkat tinggi
3.4.6 Siswa dapat membedakan keterkaitan antara
pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
Kompetensi
Dasar pada KI-4 :
4.4 Menyajikan data hasil analisis pembelahan sel.
Indikator
:
4.4.1 Siswa dapat mengamati fase-fase pembelahan
mitosis pada fase interfase dan mitotik melalui percobaan pada ujung akar
bawang merah (Allium cepa)
dilaboraturium menggunakan mikroskop
4.4.2 Siswa dapat menyajikan data hasil dari
pengamatan tentang tahap-tahap pembelahan
mitosis pada fase interfase dan mitotik pada ujung akar bawang merah (Allium cepa) melalui diskusi kelompok
4.4.3 Siswa dapat mengamati tahap-tahap
pembelahan meiosis pada meiosis I dan II melalui percobaan pada serbuk sari
bunga adam hawa (Rhoeo discolor)
dilaboraturium menggunakan mikroskop
4.4.4 Siswa dapat menyajikan data hasil dari
pengamatan tentang tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II pada
serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo
discolor) melalui diskusi kelompok
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
ü Melalui
mengkaji literatur dan melihat diagram/gambar atau menonton animasi tentang
pembelahan mitosis siswa dapat menjelaskan pengertian pembelahan sel dan fase
pembelahan mitosis pada fase interfase dan mitotik dengan tekun dan mengagumi pola pikir secara ilmiah
Pertemuan
Kedua
ü Melalui
pengamatan mikroskop dilaboraturium siswa dapat menganalisis tentang tahap-tahap
pembelahan mitosis pada fase interfase dan mitotik pada ujung akar bawang merah
(Allium cepa) dengan teliti, mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
pada mahluk hidup
Pertemuan
Ketiga
ü Melalui
mengkaji literatur dan melihat diagram/gambar atau menonton animasi tentang
pembelahan meiosis siswa dapat menjelaskan tahap-tahap pembelahan meiosis pada
meiosis I dan II dengan tekun dan mengagumi pola pikir secara ilmiah
Pertemuan
Keempat
ü Melalui
pengamatan mikroskop dilaboraturium siswa dapat menganalisis tahap-tahap
pembelahan meiosis pada meiosis I dan II pada serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo discolor) dengan teliti, mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
pada mahluk hidup
Pertemuan
Kelima
ü Melalui
mengkaji literatur dan melihat diagram/gambar atau menonton animasi tentang
gametogenesis pada hewan dan tumbuhan tingkat tinggi siswa dapat menjelaskan
proses spermatogenesis dan oogenesis pada hewan dan menjelaskan tahap-tahap
mikrosporogenesis dan megasporogenesis pada tumbuhan tingkat tinggi dengan
tekun dan mengagumi pola pikir secara
ilmiah
Pertemuan
Keenam
ü Melalui
mengkaji literatur tentang pembelahan mitosis dan meiosis siswa dapat
membedakan keterkaitan antara pembelahan
mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat dengan tekun, mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
pada mahluk hidup
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
a. Pembelahan
sel
b. Mitosis
Fase pembelahan mitosis :
1. Interfase
ü Fase
pertumbuhan primer
ü Fase
sintesis
ü Fase
pertumbuhan sekuder
2. Mitotik
ü Profase
ü Metafase
ü Anafase
ü Telofase
Pertemuan
Kedua
a. Pembelahan
sel
b. Mitosis
Fase pembelahan mitosis :
1. Interfase
ü Fase
pertumbuhan primer
ü Fase
sintesis
ü Fase
pertumbuhan sekuder
2. Mitotik
ü Profase
ü Metafase
ü Anafase
ü Telofase
Pertemuan
Ketiga
c. Mieosis
Tahapan
Pembelahan meiosis :
1. Meiosis
I
ü Profase
1
ü Metafase
1
ü Anafase
1
ü Telofase
1
2. Meiosis
II
ü Profase
II
ü Metafase
II
ü Anafase
II
ü Telofase
II
Pertemuan
Keempat
c. Mieosis
1. Tahapan
Pembelahan meiosis :
a. Meiosis
I
ü Profase
1
ü Metafase
1
ü Anafase
1
ü Telofase
1
b. Meiosis
II
ü Profase
II
ü Metafase
II
ü Anafase
II
ü Telofase
II
Pertemuan
Kelima
2. Gametogenesis
a. Hewan
ü Spermatogenesis
ü Oogenesis
b. Tumbuhan
tingkat tinggi
ü Mikrosporogenesis
ü Megasporogenesis
Pertemuan
Keenam
d. Keterkaitan
antara pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
1. Pewarisan
sifat melalui pembelahan mitosis
2. Pewarisan
sifat melalui pembelahan meiosis
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Metode
Ilmiah
2.
Pembelajaran
Kontekstual
3.
Pembelajaran Kooperatif
F.
Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Ø Video
interaktif tentang pembelahan mitosis dan meiosis
Ø Charta
tentang pembelahan mitosis dan meiosis
2.
Alat
dan bahan
Alat dan bahan belajar :
Buku, Laptop, LCD, Gadjet dan sumber ajar yang relevan
Alat-alat
praktikum : Mikroskop, objek glass, gelas penutup, kaca pengaduk, pipet dan
jarum preparat
Bahan-bahan
praktikum : Akar ujung bawah merah (Allium
cepa), serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo
discolor), larutan HCL, pewarnaan asetokarmin, larutan fiksasi, larutan
alkohol 70 % dan gliserin
3.
Sumber
Belajar
a. Buku
siswa
b. Buku
Biologi Campbell
c. Sumber-sumber
lain yang relevan
d. LKS
e. Buku
petunjuk praktikum
f. Charta
mitosis dan meiosis
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (2 x 45 menit )
a. Pendahuluan
(15 menit)
ü Dimulai
dengan berdoa, mengabsen kehadiran siswa dan menyiapkan peserta didik untuk
mengikuti pelajaran
ü Pendidik
menjelaskan peta konsep pembelajaran tentang pembelahan sel
ü Pendidik
menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan
Inti (60 Menit)
1. Mengamati
ü Mengakaji
literatur mengenai pembelahan mitosis yang meliputi fase interfase dan mitotik
ü Melihat
diagram/gambar atau menonton animasi tentang pembelahan mitosis yang meliputi
fase interfase dan mitotik
2. Menanya
ü Siswa
diminta untuk membuat pertanyaan tentang materi yang belum dipahami dalam
bentuk tulisan dikertas
3. Mengumpulkan
Data
ü Diskusi
mengenai perbedaan tahapan pembelahan
mitosis pada fase interfase dan fase mitotik dengan menggunakan berbagai sumber
belajar seperti buku, internet, charta dan sumber lain yang relevan
4. Mengasosiasi
ü Peserta
didik mengisi LKS yang telah disediakan
ü Menarik
kesimpulan mengenai perbedaan tahapan pembelahan mitosis yang terjadi pada fase
interfase dan fase mitotik dengan menggunakan power point
5. Mengkomunikasi
ü Mempresentasikan
hasil diskusi dan menjawab jika ada pertanyaan serta tanggapan dari audiens
c. Penutup
(15 Menit)
ü Menanyakan
apakah ada materi yang belum dipahami
ü Memberi
evaluasi berupa menjawab soal pilihan ganda
ü Proses
belajar diakhiri dengan berdoa bersama
Pertemuan
Kedua (2 x 45 menit )
a. Pendahuluan
(10 Menit)
ü Dimulai
dengan berdoa, mengabsen kehadiran siswa dan menyiapkan peserta didik untuk
mengikuti pelajaran
ü Pendidik
menyampaikan tujuan pembelajaran yang sama dengan materi sebelumnya melalui praktikum
tentang pembelahan mitosis
b. Kegiatan
Inti (65 Menit)
1. Mengamati
ü Mencoba
mengamati dilaboraturium melalui mikroskop tentang tahap-tahap pembelahan
mitosis pada fase interfase dan mitotik pada ujung akar bawang merah (Allium cepa) dengan berbagai perlakuan dengan
benar dan teliti
2. Menanya
ü Siswa
diminta untuk menuliskan pertanyaan terkait dengan pengamatan yang belum
dipahami di lembar kerja kelompok yang telah disediakan dimeja ruangan
3. Mengumpulkan
Data
ü Melakukan
percobaan dilaboraturium dengan memasukkan ujung akar bawang merah (Allium cepa) kedalam larutan fiksasi
selama kurang lebih 30 menit dengan berbagai perlakuan seperti hidrolisa dengan
HCL dan dipanaskan pada suhu 600C selama 15 menit kemudian memberikan
pewarnaan dengan asetokarmin
ü Mengamati
dengan mikroskop mengenai tahap-tahap pembelahan mitosis pada fase interfase
dan mitotik pada ujung akar bawang merah (Allium
cepa) dengan benar dan teliti
4. Mengasosiasi
ü Menganalisis
hasil percobaan tentang tahap-tahap pembelahan mitosis pada fase interfase dan
mitotik pada ujung akar bawang merah (Allium
cepa) dilaboraturium pada lembar kerja berupa laporan tertulis yang telah
disiapkan dan kemudian di simpulkan
5. Mengkomunikasi
ü Menyampaikan
hasil analisis percobaan tentang tahap-tahap pembelahan mitosis pada fase
interfase dan mitotik pada ujung akar bawang merah (Allium cepa) secara berkelompok didepan ruangan dilaboraturium
c. Penutup
(15 Menit)
ü Menanyakan
apakah dari praktikum tentang pembelahan mitosis ada yang belum dipahami
ü Mengevalusi
dengan cara mengadakan post tes
ü Proses
praktikum diakhiri dengan berdoa bersama
Pertemuan
Ketiga (2 x 45 menit )
a. Pendahuluan
(10 Menit)
ü Dimulai
dengan berdoa, mengabsen kehadiran siswa dan menyiapkan peserta didik untuk
mengikuti pelajaran
ü Pendidik
menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan
Inti (65 Menit)
1. Mengamati
ü Mengkaji
literatur mengenai tahapan pembelahan meiosis pada meosis I dan II
ü Melihat
diagram/gambar atau menonton animasi tentang pembelahan meiosis pada meiosis I
dan II
2. Menanya
ü Siswa
diminta untuk menuliskan pertanyaan dengan cara menulis dikertas plano dan
ditempel didepan papan tulis
3. Mengumpulkan
Data
ü Diskusi mengenai perbedaan pembelahan meiosis pada
meiosis I dan II dengan menggunakan berbagai sumber belajar seperti buku,
internet, charta, video dan sumber lain yang relevan
4. Mengasosiasi
ü Menarik
kesimpulan mengenai perbedaan pembelahan mitosis yang terjadi pada fase
interfase dan fase mitotik dengan menggunkan kertas plano
5. Mengkomunikasi
ü Memaparkan
kesimpulan hasil diskusi secara lisan didepan kelas
c. Penutup
(15 Menit)
ü Menanyakan
apakah pada materi pembelahan meiosis ada yang belum dipahami
ü Memberi
evaluasi berupa post tes
ü Proses
belajar diakhiri dengan berdoa bersama
Pertemuan
Keempat (2 x 45 menit )
a. Pendahuluan
(10 Menit)
ü Dimulai
dengan berdoa, mengabsen kehadiran siswa dan menyiapkan peserta didik untuk
mengikuti pelajaran
ü Pendidik
menyampaikan tujuan pembelajaran yang sama dengan materi sebelumnya melalui
praktikum tentang pembelahan meiosis
b. Kegiatan
Inti (65 Menit)
1. Mengamati
ü Mencoba
mengamati dilaboraturium melalui mikroskop tentang tahap-tahap pembelahan
meiosis pada meiosis I dan II pada serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo discolor) dengan pemberian pewarnaan
asetokarmin dengan benar dan teliti
2. Menanya
ü Siswa
diminta untuk menuliskan pertanyaan terkait dengan pengamatan yang belum
dipahami di lembar kerja kelompok yang telah disediakan dimeja ruangan
3. Mengumpulkan
Data
ü Melakukan
percobaan dilaboraturium dengan meletakkan kepala sari pada obyek glass dan
meneteskan dengan pewarna asetokarmin
kemudian menghaluskan kepala sari, mengaduk dan menutup dengan obyek glass
ü Mengamati
dengan mikroskop mengenai tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II
pada serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo
discolor) dengan benar dan teliti
4. Mengasosiasi
ü Menganalisis
hasil percobaan tentang tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II
pada serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo
discolor) dilaboraturium pada lembar kerja berupa laporan tertulis yang
telah disiapkan dan kemudian di
simpulkan
5. Mengkomunikasi
ü Menyampaikan
hasil analisis percobaan tentang tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I
dan II pada serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo
discolor) secara berkelompok didepan ruangan dilaboraturium
c. Penutup
(15 Menit)
ü Menanyakan
apakah dari praktikum tentang pembelahan meiosis ada yang belum dipahami
ü Menyampaikan
pemberian tugas portofolio mengenai pembelahan mitosis dan meiosis
ü Proses
praktikum diakhiri dengan berdoa bersama
Pertemuan
Kelima (2 x 45 menit )
a. Pendahuluan
(10 Menit)
ü Dimulai
dengan berdoa, mengabsen kehadiran siswa dan menyiapkan peserta didik untuk
mengikuti pelajaran
ü Pendidik
menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan
Inti (65 Menit)
1. Mengamati
ü Mengkaji
literatur atau buku tentang gametogenesis pada hewan yang meliputi proses
spermatogenesis dan oogenesis
ü Mengkaji
literatur atau buku tentang gametogenesis pada tumbuhan tingkat tinggi yang
meliputi tahap-tahap mikrosporogenesis dan megasporogenesis
ü Melihat
diagram/gambar atau menonton animasi tentang gametogenesis pada hewan yang
meliputi proses spermatogenesis dan oogenesis dan tumbuhan tingkat tinggi yang
meliputi tahap-tahap mikrosporogenesis dan megasporogenesis
2. Menanya
ü Siswa
diminta untuk menuliskan pertanyaan berupa materi yang tidak dimengerti di
selembar kertas yang telah disediakan
3. Mengumpulkan
Data
ü Diskusi mengenai perbedaan gametogenesis pada hewan
dan tumbuhan tingkat tinggi dan hubungan dengan pembelahan mitosis dan meiosis dengan
menggunakan berbagai sumber belajar seperti buku, internet, charta, video dan
sumber lain yang relevan
4. Mengasosiasi
ü Menarik
kesimpulan tentang perbedaan proses gametogenesis pada hewan melalui proses
spermatogenesis dan oogenesis dengan proses gametogenesis pada tumbuhan tingkat
tinggi melalui tahap mikrosporogenesis dan
megasporogenesis
5. Mengkomunikasi
ü Mempresentasikan
hasil diskusi dan menanggapi tanggapan dari apa yang telah disampaikan secara
lisan sebagai pengambilan nilai pada peserta didik
c. Penutup
(15 Menit)
ü Menanyakan
apakah dari praktikum pada materi pembelahan meiosis ada yang belum dipahami
ü Mengevaluasi
dengan memberi soal uraian
ü Proses
belajar diakhiri dengan berdoa bersama
Pertemuan
Keenam (2 x 45 menit )
a. Pendahuluan
(10 Menit)
ü Dimulai
dengan berdoa, mengabsen kehadiran siswa dan menyiapkan peserta didik untuk
mengikuti pelajaran
ü Pendidik
menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan
Inti (65 Menit)
1. Mengamati
ü Mengkaji
mengenai litaratur tentang keterkaitan pewarisan sifat melalui pembelahan mitosis dan
meiosis
2. Menanya
ü Siswa
diminta membuat pertanyaan tentang materi yang belum dipahami di kertas yang
sudah disediakan oleh peserta didik
3. Mengumpulkan
Data
ü Diskusi
mengenai perbedaan antara keterkaitan pewarisan sifat melalui pembelahan
mitosis dan meiosis dengan menggunakan berbagai sumber belajar seperti buku,
internet dan sumber lain yang relevan
4. Mengasosiasi
ü Menarik
kesimpulan tentang perbedaan keterkaitan pewarisan sifat melalui pembelahan
mitosis dan meiosis
5. Mengkomunikasi
Memaparkan hasil diskusi secara
lisan
c. Penutup
(20 Menit)
ü Menanyakan
apakah dari praktikum pada materi pembelahan meiosis ada yang belum dipahami
ü Menyampaikan
pemberian tugas projek berupa laporan
ü Mengevaluasi
dengan megerjakan soal pilihan ganda dan essay
ü Proses
belajar diakhiri dengan berdoa bersama
H.
Penilaian
1. Jenis
: Tes dan non tes
2. Teknik
dan bentuk penilaian :
- Penilaian kompetensi sikap meliputi :
1. Rerata hasil observasi
2. Penilaian Diri
3. Penilaian Sejawat
4. Jurnal
Instrumen : Lihat lampiran 1
- Penilaian kompetensi pengetahuan:
1. Tes
tulis
2. Tes
lisan
3. Hasil
diskusi
4. Penugasan
Instrumen : Lihat lampiran 2
- Penilaian kompetensi keterampilan:
1. Penilaian
projek
2. Penilaian
portofolio
3. Penilaian
Praktikum
Instrumen : Lihat lampiran 3
Malang, 15 Januari 2014
Mengetahui
Kelapa Sekolah SMA Guru
Mata Pelajaran Biologi
Lampiran 1
a.
Penilaian
Kompetensi Sikap
1. Penilaian
Sikap Siswa Terhadap Guru Pengajar
No
|
Nama
|
Perilaku yang diamati
pada Proses Pembelajaran
|
||
Menghormati
|
Penuh Perhatian
|
Kejujuran
|
||
1
|
ADAM
KEVIN NOVANANDA
|
|||
2
|
AKHSANA
ZUFAR
|
Rubrik
Penilaian Sikap Siswa Terhadap Guru
Pengajar
Perilaku yang diamati pada Proses Pembelajaran
|
Skor
|
Indikator
|
Menghormati
|
4
|
Siswa
selalu menghormati guru dan selalu menunjukkan perilaku santun terhadap guru
dan selalu mematuhi nasihat guru.
|
3
|
Siswa
menghormati guru dan menunjukkan perilaku santun terhadap guru dan mematuhi
nasihat guru.
|
|
2
|
Siswa
cukup menghormati guru dan menunjukkan perilaku cukup santun terhadap guru
dan cukup mematuhi nasihat guru.
|
|
1
|
Siswa
tidak menghormati guru dan tidak menunjukkan perilaku santun terhadap guru
dan tidak mematuhi nasihat guru.
|
|
Penuh
Perhatian
|
4
|
Siswa
selalu menunjukkan sikap positif dan kasih sayang kepada guru.
|
3
|
Siswa
menunjukkan sikap positif dan kasih sayang kepada guru.
|
|
2
|
Siswa
cukup menunjukkan sikap positif dan kasih sayang kepada guru.
|
|
1
|
Siswa
kurang menunjukkan sikap positif dan kasih sayang kepada guru.
|
|
Kejujuran
|
4
|
Siswa
selalu bertutur kata apa adanya, selalu dapat dipercaya, selalu tulus dalam
mengerjakan tugas dari guru.
|
3
|
Siswa
bertutur kata apa adanya, dapat dipercaya, tulus dalam mengerjakan tugas dari
guru.
|
|
2
|
Siswa
cukup dapat dipercaya, cukup tulus dalam mengerjakan tugas dari guru.
|
|
1
|
Siswa
selalu tidak dapat dipercaya, tidak tulus dalam mengerjakan tugas dari guru.
|
Rubrik
penilaian sikap santun
Kriteria
|
Skor
|
Indikator
|
Sangat
Baik (SB)
|
4
|
Selalu santun dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman
|
Baik
(B)
|
3
|
Sering santun dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman
|
Cukup
(C)
|
2
|
Kadang-kadang santun dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan
teman
|
Kurang
(K)
|
1
|
Tidak pernah santun dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan
teman
|
2. Penilaian
Sikap Siswa Terhadap Materi Pemebelajaran
No
|
Nama
|
Perilaku yang diamati
pada Proses Pembelajaran
|
||
Rasa Ingin Tahu
|
Senang
|
Ketertarikan
|
||
1
|
ADAM
KEVIN NOVANANDA
|
|||
2
|
AKHSANA
ZUFAR
|
Rubrik
Penilaian Sikap Siswa Terhadap Materi Pembelajaran
Perilaku yang diamati pada Proses Pembelajaran
|
Skor
|
Indikator
|
Rasa
Ingin Tahu
|
4
|
Siswa
selalu menunjukkan rasa ingin tahu dengan bertanya, dan mencari informasi
dari berbagai sumber.
|
3
|
Siswa
menunjukkan rasa ingin tahu dengan bertanya, dan mencari informasi dari
berbagai sumber.
|
|
2
|
Siswa
cukup menunjukkan rasa ingin tahu dengan bertanya, dan mencari informasi dari
berbagai sumber.
|
|
1
|
Siswa
kurang atau tidak menunjukkan rasa ingin tahu dengan bertanya, dan mencari
informasi dari berbagai sumber.
|
|
Senang
|
4
|
Siswa
selalu menunjukkan rasa senang dengan wajah ceria saat menerima materi
pelajaran.
|
3
|
Siswa
menunjukkan rasa senang dengan wajah ceria saat menerima materi pelajaran.
|
|
2
|
Siswa
cukup menunjukkan rasa senang dengan wajah ceria saat menerima materi
pelajaran.
|
|
1
|
Siswa
kurang atau tidak menunjukkan rasa senang dengan wajah tidak ceria saat
menerima materi pelajaran.
|
|
Ketertarikan
|
4
|
Siswa
sangat tertarik materi pelajaran dengan selalu bertanya dan merespon
pertanyaan guru.
|
3
|
Siswa
tertarik materi pelajaran dengan bertanya dan merespon pertanyaan guru.
|
|
2
|
Siswa
cukup tertarik materi pelajaran dengan kadang-kadang bertanya dan merespon
pertanyaan guru.
|
|
1
|
Siswa
tidak tertarik materi pelajaran dan tidak bertanya dan merespon pertanyaan
guru.
|
3. Penilaian
Sikap Siswa Terhadap Proses Pembelajaran
No
|
Nama
|
Perilaku yang diamati
pada Proses Pembelajaran
|
|||
Aktif
|
Fokus
|
Antusias
|
Pemahaman
|
||
1
|
ADAM
KEVIN NOVANANDA
|
||||
2
|
AKHSANA
ZUFAR
|
Rubrik
Penilaian Sikap Siswa Terhadap Proses Pembelajaran
Perilaku yang diamati pada Proses Pembelajaran
|
Skor
|
Indikator
|
Aktif
|
4
|
Siswa
selalu proaktif dan selalu berkontribusi dalam diskusi kelas, selalu memulai
diskusi pada isu-isu yang terkait dengan materi.
|
3
|
Siswa
proaktif dan berkontribusi dalam diskusi kelas, memulai diskusi pada isu-isu
yang terkait dengan materi.
|
|
2
|
Siswa
cukup proaktif dan cukup berkontribusi dalam diskusi kelas, kadang-kadang
diskusi pada isu-isu yang terkait dengan materi.
|
|
1
|
Siswa
tidak proaktif dan tidak berkontribusi dalam diskusi kelas, tidak pernah
memulai diskusi pada isu-isu yang terkait dengan materi.
|
|
Fokus
|
4
|
Siswa
selalu memperhatikan, selalu memahami instruksi, selalu konsentrasi pada
tugasnya.
|
3
|
Siswa
memperhatikan, memahami instruksi, konsentrasi pada tugasnya.
|
|
2
|
Siswa
cukup memperhatikan, cukup memahami instruksi, cukup konsentrasi pada tugasnya.
|
|
1
|
Siswa
tidak memperhatikan, tidak memahami instruksi, tidak konsentrasi pada
tugasnya.
|
|
Antusias
|
4
|
Siswa
sangat antusias dengan materi yang diajarkan dan selalu merespon pertanyaan
dari guru.
|
3
|
Siswa
antusias dengan materi yang diajarkan dan merespon pertanyaan dari guru.
|
|
2
|
Siswa
agak antusias dengan materi yang diajarkan dan jarang merespon pertanyaan
dari guru.
|
|
1
|
Siswa
tidak antusias dengan materi yang diajarkan dan jarang atau tidak pernah
merespon pertanyaan dari guru.
|
|
Pemahaman
|
4
|
Siswa
sangat mengerti dan selalu dapat menginterpretasikan, menjelaskan materi
dengan benar dengan bahasanya sendiri
|
3
|
Siswa
mengerti dan dapat menginterpretasikan, menjelaskan materi dengan benar
dengan bahasanya sendiri
|
|
2
|
Siswa
cukup mengerti dan cukup dapat menginterpretasikan, menjelaskan materi dengan
benar dengan bahasanya sendiri
|
|
1
|
Siswa
tidak mengerti dan tidak dapat menginterpretasikan, menjelaskan materi dengan
benar dengan bahasanya sendiri
|
b.
Contoh
Draf Cek Penilaian Diri
No.
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Dalam eksperimen
saya mengakaji literatur pembelahan mitosis dan meiosis terhadap fase-fase
pembembelahannya, saya mencatat perbedaan yang terjadi pada pembelahan
mitosis dan meiosis
|
||
2
|
Saya menyelesaikan tugas ekperimen
sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
|
||
3
|
Saya melaporkan hasil eksperimen
sesuai dengan literatur yang saya kaji
|
||
4
|
dsb
|
c.
Contoh
Draf Cek Penilaian Sejawat
No.
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Mau
menerima pendapat teman
|
||
2
|
Memaksa teman untuk
menerima pendapatnya
|
||
3
|
Memberi solusi
terhadap pendapat yang bertentangan
|
||
4
|
Dapat bekerja sama
dengan teman yang berbeda status sosial, suku dan agama
|
||
5
|
dsb
|
Contoh
Pengolahan Nilai
Kompetensi Sikap (Mata Pelajaran)
No
|
Nama
|
OBS
|
PD
|
PS
|
Jurn
|
RNil
|
RAPOR
(LBH)
|
|
Kual
|
Desk
|
|||||||
1
|
Ani
|
85
|
75
|
80
|
75
|
79
|
B
|
Sikapnya baik, berpakaian sesuai syariat Islam,
menunjukkan sikap jujur dan hormat kepada guru. Namun kontrol diri
perlu ditingkatkan.
|
Keterangan:
1. R OBS : Rerata hasil observasi
2. PD : Penilaian Diri
3. PS : Penilaian Sejawat
4. JURN : Jurnal
5. KUAL : Kualifikasi/Predikat
6. DESK : Deskripsi
Lampiran 2
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
1.
Tes
tulis
Contoh Soal Pilihan
Ganda
Kompetensi
Dasar : 3.4 Menganalisis proses pembelahan sel
Indikator
: Siswa dapat
membedakan tahap-tahap pembelahan mitosis
dan meiosis
Rumusan
butir soal
Perhatikan
tabel berikut ini !
No.
|
Tahap-tahap
pembelahan sel
|
1
|
Anafase
à
Profase à
Metafase à Telofase
|
2
|
Metafase
à
Profase à
Telofase à
Anafase
|
3
|
Profase
à
Metafase à
Anafase à
Telofase
|
4
|
Profase
I à
Metafase à
Telofase I à
Anafase I
Profase
II à
Anafase II à
Metafase II à
Telofase II
|
5.
|
Profase
I à
Metafase I à
Anafase I à
Telofase I
Profase
II à
Metafase II à
Anafase II à
Telofase II
|
Dari
tabel diatas manakah yang termasuk tahap-tahap pembelahan mitosis dan
meiosis......
a. 1
dan 3
b. 1
dan 4
c. 1
dan 5
d. 2
dan 4
e. 3
dan 5
Kunci : E
Contoh Soal Uraian
Kompetensi Dasar : 3.4 Menganalisis
proses pembelahan sel
Indikator : Siswa dapat menjelaskan dan membedakan tahap-tahap
pembelahan
sel mitosis dan meiosis
Rumusan butir soal
Didalam pembelahan sel
secara mitosis terdapat fase interfase dan mitotik sedangkan pada pembelahan
sel secara meiosis terdapat tahap meiosis I dan II. Dalam pernyataan tersebut
a. Jelaskan
perbedaan pembelahan pada fase interfase dan mitotik ?
b. Apakah
perbedaan antara profase dengan profase
I
c. Apakah
perbedaan meiosis I dan II ?
d. Apakah
yang membedakan tahap pembelahan sel secara mitosis dengan meiosis ?
Contoh Pengolahan Nilai
Kompetensi Pengetahuan
No
|
Nama
|
Nilai Harian
|
RNH
|
NTS
|
NAS
|
R
NIL
|
Rapor (LBH)
|
|||
KD-1
|
KD-2
|
dst
|
KONV
|
PRED
|
||||||
1
|
Andi
|
76
|
78
|
80
|
78
|
80
|
85
|
81
|
3.00
|
B
|
Keterangan:
1. Nilai Harian : Hasil tes tulis, tes lisan, dan penugasan pada KD
tertentu.
2. RNH :
Rerata Nilai Harian
3. NTS : Nilai Tengah Semester;
4. NAS : Nilai Akhir Semester
5. R NIL : Rerata RNH, NTS, dan NAS
6. KONV : Nilai hasil konversi 1 – 4;
7. PRED :
Predikat
2.
Penilaian Hasil Diskusi
Lembar Pengamatan
Kegiatan Kelompok
Mata Pelajaran :
Kelas / Semester :
Topik :
Waktu Pelaksanaan :
No
|
Nama
|
Aspek Pengamatan
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ket
|
||||
Kerja sama
|
Mengkom.
pendapat
|
Toleransi
|
Kreatif
|
Menghargai Pendapat teman
|
|||||
1
|
ADAM
KEVIN NOVANANDA
|
||||||||
2
|
AKHSANA
ZUFAR
|
||||||||
3
|
ANNELIA
PUTRI K
|
Keterangan skor:
4 = jika siswa menunjukkan aktivitas
aspek yang dinilai lebih dari 3 kali
3 = jika siswa menunjukkan aktivitas
aspek yang dinilai 2-3 kali
2 = jika siswa menunjukkan aktivitas
aspek yang dinilai 1 kali
1 = jika siswa tidak menunjukkan
aktivitas aspek yang dinilai.
Nilai = jumlah skor perolehan x
100
Skor
maksimal (25)
Lembar
Penilaian Presentasi
Mata Pelajaran :
Kelas / Semester :
Topik :
Waktu Pelaksanaan :
No
|
Nama
|
Aspek Pengamatan
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Percaya diri
|
Sikap
|
Tata Bahasa
|
Kreatif
|
Menghargai
pendapat teman
|
|||||
1
|
ADAM
KEVIN NOVANANDA
|
||||||||
2
|
AKHSANA
ZUFAR
|
Keterangan skor:
4 = jika siswa menunjukkan aktivitas
aspek yang dinilai lebih dari 3 kali
3 = jika siswa menunjukkan aktivitas
aspek yang dinilai 2-3 kali
2 = jika siswa menunjukkan aktivitas
aspek yang dinilai 1 kali
1 = jika siswa tidak menunjukkan
aktivitas aspek yang dinilai.
Nilai = jumlah skor perolehan x
100
Skor
maksimal (25)
Lampiran 3
Penilaian Kompetensi
Keterampilan
Contoh
Rubrik Kerampilan Berbicara
Kriteria
|
Skor
|
Indikator
|
Kelancaran
(Fluency)
|
3
|
Lancar
|
2
|
Kurang Lancar
|
|
1
|
Tidak Lancar
|
|
Pengucapan
(pronunciation)
|
3
|
Baik
|
2
|
Kurang Baik
|
|
1
|
Tidak Baik
|
|
Intonasi
(Intonation)
|
3
|
Sesuai
|
2
|
Kurang Sesuai
|
|
1
|
Tidak Sesuai
|
|
Pilihan
Kata (Diction)
|
3
|
Tepat
|
2
|
Kurang Tepat
|
|
1
|
Tidak Tepat
|
Contoh
Pedoman Pensekoran Projek
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
Maks
|
1
|
Persiapan
Latar Belakang (tepat = 3 ; kurang
tepat = 2 ; tidak tepat = 1)
Rumusan Masalah (tepat = 3 ; kurang
tepat = 2 ; tidak tepat = 1)
|
6
|
2
|
Pelaksanaan
a.
Keakuratan data/informasi (akurat = 3 ; kurang
akurat = 2 ; tidak akurat = 1)
b.
Kelengkapan data (lengkap = 3 ; kurang lengkap = 2
; tidak lengkap = 1)
c.
Analisis data (baik = 3 ; kurang baik = 2 ; tidak
baik = 1)
d.
Kesimpulan (tepat = 3 ; kurang tepat = 2 ; tidak
tepat = 1)
|
12
|
3
|
Pelaporan hasil
a.
Sistematika laporan (baik = 3 ; kurang baik = 2 ;
tidak baik = 1)
b.
Penggunaan bahasa (sesuai kaidah = 3 ; kurang
sesuai kaidah = 2 ; tidak sesuai kaidah = 1)
c.
Penulisan/ejaan (tepat = 3 ; kurang tepat = 2 ;
tidak tepat/banyak kesalahan = 1)
d.
Lampiran (menarik = 3 ; kurang menarik = 2 ; tidak
menarik = 1)
|
12
|
Skor
maksimal
|
30
|
Contoh
Tugas Portofolio
Mata pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XII
/ I
Peminatan : Ilmu Alam
Judul Portofolio :
Penyusunan laporan praktikum pembelahan sel
Tujuan :
Peserta didik dapat menyusun laporan praktikum biologi dengan
benar.
Ruang lingkup:
1. Karya portofolio yang dikumpulkan adalah seluruh hasil
laporan praktikum biologi kelas XII semester 1.
2. Setiap laporan hasil praktikum dikumpulkan
selambat-lambatnya satu minggu setelah peserta didik melaksanakan praktikum.
3. Penilaian karya portofolio terpilih dilaksanakan satu
minggu sebelum Ulangan Akhir Semester 1.
Uraian
tugas portofolio:
1. Buatlah laporan praktikum Biologi untuk seluruh kegiatan
praktikum selama semester 1.
2. Laporan praktikum meliputi: persiapan, pelaksanaan, dan
hasil praktik.
3. Diskusikan dengan guru untuk memilih beberapa
karya/laporan praktikummu yang terbaik untuk dinilai.
Rubrik
Penilaian Portofolio Praktikum Biologi
Kriteria
|
Skor
|
Indikator
|
Persiapan
|
3
|
Pemilihan alat dan
bahan tepat
|
2
|
Pemilihan alat atau
bahan
|
|
1
|
Pemilihan alat dan
bahan tidak tepat
|
|
Pelaksanaan
|
3
|
Langkah kerja dan
waktu pelaksanaan tepat
|
2
|
Langkah kerja atau
waktu pelaksanaan tepat
|
|
1
|
Langkah kerja dan waktu
pelaksanaan tidak tepat
|
|
Hasil
|
3
|
Data akurat dan
simpulan tepat
|
2
|
Data akurat atau
simpulat tepat
|
|
1
|
Data tidak akurat dan
simpulan tidak tepat
|
Contoh
Pengolahan Nilai Kompetensi Keterampilan
No.
|
Nama
|
Prakt
|
Proj
|
Porto
|
R
NIL
|
Rapor
(LBH)
|
|
KONV
|
PRED
|
||||||
1
|
Andi
|
80
|
75
|
75
|
77
|
2.66
|
B-
|
Keterangan:
1. PRAKT : Rerata nilai praktik
2. PROJ : Nilai Projek
3. PORTO : Nilai Portofolio
4. KONV : Nilai hasil konversi 1 – 4
5. PRED : Predikat
Lampiran
4
Contoh
Konversi Nilai
Interval
|
Hasil Konversi
|
96 – 100
|
4.00
|
91 – 95
|
3.66
|
85 – 90
|
3.33
|
80 – 84
|
3.00
|
75 – 79
|
2.66
|
70 – 74
|
2.33
|
65 – 69
|
2.00
|
60 – 64
|
1.66
|
55 – 59
|
1.33
|
<
54
|
1.00
|
Predikat
dan Nilai Kompetensi
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4.00
|
4.00
|
SB
(Sangat Baik)
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
(Baik)
|
B
|
3.00
|
3.00
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
(Cukup)
|
C
|
2.00
|
2.00
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
(Kurang)
|
D
|
1.00
|
1.00
|
Lampiran 5
Indikator
|
Materi pokok
|
Komptensi Dasar 3.4
3.4.1
Siswa dapat menjelaskan pengertian pembelahan sel
3.4.2
Siswa dapat menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis
pada fase interfase dan mitotik
3.4.3
Siswa dapat menjelaskan tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II
3.4.4
Siswa dapat membedakan pembelahan mitosis dan
meiosis
3.4.5
Siswa dapat menjelaskan proses perbedaan
gametogenesis pada hewan dan tumbuhan tingkat tinggi
3.4.6
Siswa dapat membedakan keterkaitan antara
pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
|
A.
Pembelahan Sel
B.
Mitosis
Fase pembelahan mitosis :
1.
Interfase
ü Fase
pertumbuhan primer
ü Fase sintesis
ü Fase
pertumbuhan sekuder
2.
Mitotik
ü Profase
ü Metafase
ü Anafase
ü Telofase
C.
Meiosis
1.
Tahapan Pembelahan meiosis :
a.
Meiosis I
ü Profase I
ü Metafase I
ü Anafase I
ü Telofase I
b.
Meiosis II
ü Profase II
ü Metafase II
ü Anafase II
ü Telofase II
2.
Gametogenesis
a.
Hewan
ü Spermatogenesis
ü Oogenesis
b.
Tumbuhan tingkat tinggi
ü Mikrosporogenesis
ü Megasporogenesis
D.
Keterkaitan antara pembelahan mitosis dan meiosis
dengan pewarisan sifat
1.
Pewarisan sifat mealui pembelahan mitosis
2.
Pewarisan sifat melalui pembelahan mieosis
|
Kompetensi
Dasar 4.4
4.4.1
Siswa dapat mengamati fase-fase pembelahan mitosis
pada fase interfase dan mitotik melalui percobaan pada ujung akar bawang
merah (Allium cepa) dilaboraturium
menggunakan mikroskop
4.4.2
Siswa dapat menyajikan data hasil dari pengamatan
tentang tahap-tahap pembelahan mitosis
pada fase interfase dan mitotik pada ujung akar bawang merah (Allium cepa) melalui diskusi kelompok
4.4.3
Siswa dapat mengamati tahap-tahap pembelahan
meiosis pada meiosis I dan II melalui percobaan pada serbuk sari bunga adam
hawa (Rhoeo discolor)
dilaboraturium menggunakan mikroskop
4.4.4
Siswa dapat menyajikan data hasil dari pengamatan
tentang tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II pada serbuk sari
bunga adam hawa (Rhoeo discolor)
melalui diskusi kelompok
|
Thanks u :)
BalasHapusMatur suwun pak de... :D
BalasHapusassalamualaiukum paak,
BalasHapussaya boleh tau apa tugas proyek pada materi pembelahan sel ini pak ? soalnya saya liat diatas ada lembar penilaian proyeknya . mohon balasanya ya pak. terimakasih sebelumnyaa .
walaikumsalam :)