Sabtu, 18 Januari 2014

RPP PEMBELAHAN SEL



PENGEMBANGAN KURIKULUM

TUGAS UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP) SESUAI KURIKULUM 2013


OLEH :

                                                         NAMA     : AHMAD NAJMUL ABIDIN 
                                                         NIM         : 201110070311036  
                                                         KELAS    : BIOLOGI V A


JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
JANUARI 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                   : SMAN 1 Rambah, Pekanbaru-Riau
Mata Pelajaran                        : Biologi
Kelas / Semester                     : XII ( Dua Belas ) / I ( Satu )
Materi Pokok                          : Pembelahan Sel
Alokasi Waktu                        : 3 Minggu x 4 JP

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang  dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar pada KI-1 :
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang  struktur dan fungsi DNA, gen dan kromosom dalam pembentukan dan pewarisan sifat serta pengaturan proses pada mahluk hidup
1.2 Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
1.3 Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
Kompetensi Dasar pada KI-2 :
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas / laboratorium.
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar pada KI-3 :
3.4 Menganalisis proses pembelahan sel
Indikator :
3.4.1        Siswa dapat menjelaskan pengertian pembelahan sel
3.4.2       Siswa dapat menjelaskan tahap-tahap  pembelahan mitosis pada fase interfase dan mitotik
3.4.3        Siswa dapat menjelaskan tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II
3.4.4        Siswa dapat membedakan pembelahan mitosis dan meiosis
3.4.5   Siswa dapat menjelaskan proses perbedaan gametogenesis pada hewan dan tumbuhan tingkat tinggi
3.4.6   Siswa dapat membedakan keterkaitan antara pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
Kompetensi Dasar pada KI-4 :
4.4 Menyajikan data hasil analisis pembelahan sel.
Indikator :
4.4.1  Siswa dapat mengamati fase-fase pembelahan mitosis pada fase interfase dan mitotik melalui percobaan pada ujung akar bawang merah (Allium cepa) dilaboraturium menggunakan mikroskop
4.4.2  Siswa dapat menyajikan data hasil dari pengamatan tentang tahap-tahap pembelahan  mitosis pada fase interfase dan mitotik pada ujung akar bawang merah (Allium cepa) melalui diskusi kelompok
4.4.3   Siswa dapat mengamati tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II melalui percobaan pada serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo discolor) dilaboraturium menggunakan mikroskop
4.4.4  Siswa dapat menyajikan data hasil dari pengamatan tentang tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II pada serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo discolor) melalui diskusi kelompok

C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
ü  Melalui mengkaji literatur dan melihat diagram/gambar atau menonton animasi tentang pembelahan mitosis siswa dapat menjelaskan pengertian pembelahan sel dan fase pembelahan mitosis pada fase interfase dan mitotik dengan tekun dan mengagumi pola pikir secara ilmiah
Pertemuan Kedua
ü  Melalui pengamatan mikroskop dilaboraturium siswa dapat menganalisis tentang tahap-tahap pembelahan mitosis pada fase interfase dan mitotik pada ujung akar bawang merah (Allium cepa) dengan teliti, mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan pada mahluk hidup
Pertemuan Ketiga
ü  Melalui mengkaji literatur dan melihat diagram/gambar atau menonton animasi tentang pembelahan meiosis siswa dapat menjelaskan tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II  dengan tekun dan mengagumi pola pikir secara ilmiah
Pertemuan Keempat
ü  Melalui pengamatan mikroskop dilaboraturium siswa dapat menganalisis tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II pada serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo discolor) dengan teliti, mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan pada mahluk hidup
Pertemuan Kelima
ü  Melalui mengkaji literatur dan melihat diagram/gambar atau menonton animasi tentang gametogenesis pada hewan dan tumbuhan tingkat tinggi siswa dapat menjelaskan proses spermatogenesis dan oogenesis pada hewan dan menjelaskan tahap-tahap mikrosporogenesis dan megasporogenesis pada tumbuhan tingkat tinggi dengan tekun dan mengagumi pola pikir secara ilmiah
Pertemuan Keenam
ü  Melalui mengkaji literatur tentang pembelahan mitosis dan meiosis siswa dapat membedakan  keterkaitan antara pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat dengan tekun, mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan pada mahluk hidup

D.    Materi Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a.       Pembelahan sel
b.      Mitosis
Fase pembelahan mitosis :
1.      Interfase
ü  Fase pertumbuhan primer
ü  Fase sintesis
ü  Fase pertumbuhan sekuder
2.      Mitotik
ü  Profase
ü  Metafase
ü  Anafase
ü  Telofase
Pertemuan Kedua
a.       Pembelahan sel
b.      Mitosis
Fase pembelahan mitosis :
1.      Interfase
ü  Fase pertumbuhan primer
ü  Fase sintesis
ü  Fase pertumbuhan sekuder
2.      Mitotik
ü  Profase
ü  Metafase
ü  Anafase
ü  Telofase
Pertemuan Ketiga
c.       Mieosis
Tahapan Pembelahan meiosis :
1.      Meiosis I
ü  Profase 1
ü  Metafase 1
ü  Anafase 1
ü  Telofase 1
2.      Meiosis II
ü  Profase II
ü  Metafase II
ü  Anafase II
ü  Telofase II
Pertemuan Keempat
c.   Mieosis
1.      Tahapan Pembelahan meiosis :
a.       Meiosis I
ü  Profase 1
ü  Metafase 1
ü  Anafase 1
ü  Telofase 1
b.      Meiosis II
ü  Profase II
ü  Metafase II
ü  Anafase II
ü  Telofase II
Pertemuan Kelima
2.      Gametogenesis
a.       Hewan
ü  Spermatogenesis
ü  Oogenesis
b.      Tumbuhan tingkat tinggi
ü  Mikrosporogenesis
ü  Megasporogenesis
Pertemuan Keenam
d.   Keterkaitan antara pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
1.      Pewarisan sifat melalui pembelahan mitosis
2.      Pewarisan sifat melalui pembelahan meiosis

E.     Metode Pembelajaran
1.      Metode Ilmiah
2.      Pembelajaran Kontekstual
3.      Pembelajaran Kooperatif

F.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
Ø  Video interaktif tentang pembelahan mitosis dan meiosis
Ø  Charta tentang pembelahan mitosis dan meiosis
2.      Alat dan bahan
Alat dan bahan belajar : Buku, Laptop, LCD, Gadjet dan sumber ajar yang relevan
Alat-alat praktikum : Mikroskop, objek glass, gelas penutup, kaca pengaduk, pipet dan jarum preparat
Bahan-bahan praktikum : Akar ujung bawah merah (Allium cepa), serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo discolor), larutan HCL, pewarnaan asetokarmin, larutan fiksasi, larutan alkohol 70 % dan gliserin
3.      Sumber Belajar
a.       Buku siswa
b.      Buku Biologi Campbell
c.       Sumber-sumber lain yang relevan
d.      LKS
e.       Buku petunjuk praktikum
f.       Charta mitosis dan meiosis

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit )
a.       Pendahuluan (15 menit)
ü  Dimulai dengan berdoa, mengabsen kehadiran siswa dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
ü  Pendidik menjelaskan peta konsep pembelajaran tentang pembelahan sel
ü  Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran
b.      Kegiatan Inti (60 Menit)
1.      Mengamati
ü  Mengakaji literatur mengenai pembelahan mitosis yang meliputi fase interfase dan mitotik
ü  Melihat diagram/gambar atau menonton animasi tentang pembelahan mitosis yang meliputi fase interfase dan mitotik
2.      Menanya
ü  Siswa diminta untuk membuat pertanyaan tentang materi yang belum dipahami dalam bentuk tulisan dikertas
3.      Mengumpulkan Data
ü  Diskusi  mengenai perbedaan tahapan pembelahan mitosis pada fase interfase dan fase mitotik dengan menggunakan berbagai sumber belajar seperti buku, internet, charta dan sumber lain yang relevan
4.      Mengasosiasi
ü  Peserta didik mengisi LKS yang telah disediakan
ü  Menarik kesimpulan mengenai perbedaan tahapan pembelahan mitosis yang terjadi pada fase interfase dan fase mitotik dengan menggunakan power point
5.      Mengkomunikasi
ü  Mempresentasikan hasil diskusi dan menjawab jika ada pertanyaan serta tanggapan dari audiens
c.       Penutup (15 Menit)
ü  Menanyakan apakah ada materi yang belum dipahami
ü  Memberi evaluasi berupa menjawab soal pilihan ganda
ü  Proses belajar diakhiri dengan berdoa bersama

Pertemuan Kedua (2 x 45 menit )
a.       Pendahuluan (10 Menit)
ü  Dimulai dengan berdoa, mengabsen kehadiran siswa dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
ü  Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran yang sama dengan materi sebelumnya melalui praktikum tentang pembelahan mitosis
b.      Kegiatan Inti (65 Menit)
1.      Mengamati
ü  Mencoba mengamati dilaboraturium melalui mikroskop tentang tahap-tahap pembelahan mitosis pada fase interfase dan mitotik pada ujung akar bawang merah (Allium cepa) dengan berbagai perlakuan dengan benar dan teliti
2.      Menanya
ü  Siswa diminta untuk menuliskan pertanyaan terkait dengan pengamatan yang belum dipahami di lembar kerja kelompok yang telah disediakan dimeja ruangan
3.      Mengumpulkan Data
ü  Melakukan percobaan dilaboraturium dengan memasukkan ujung akar bawang merah (Allium cepa) kedalam larutan fiksasi selama kurang lebih 30 menit dengan berbagai perlakuan seperti hidrolisa dengan HCL dan dipanaskan pada suhu 600C selama 15 menit kemudian memberikan pewarnaan dengan asetokarmin 
ü  Mengamati dengan mikroskop mengenai tahap-tahap pembelahan mitosis pada fase interfase dan mitotik pada ujung akar bawang merah (Allium cepa) dengan benar dan teliti
4.      Mengasosiasi
ü  Menganalisis hasil percobaan tentang tahap-tahap pembelahan mitosis pada fase interfase dan mitotik pada ujung akar bawang merah (Allium cepa) dilaboraturium pada lembar kerja berupa laporan tertulis yang telah disiapkan dan kemudian di simpulkan
5.      Mengkomunikasi
ü  Menyampaikan hasil analisis percobaan tentang tahap-tahap pembelahan mitosis pada fase interfase dan mitotik pada ujung akar bawang merah (Allium cepa) secara berkelompok didepan ruangan dilaboraturium
c.       Penutup (15 Menit)
ü  Menanyakan apakah dari praktikum tentang pembelahan mitosis ada yang belum dipahami
ü  Mengevalusi dengan cara mengadakan post tes
ü  Proses praktikum diakhiri dengan berdoa bersama

Pertemuan Ketiga (2 x 45 menit )
a.       Pendahuluan (10 Menit)
ü  Dimulai dengan berdoa, mengabsen kehadiran siswa dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
ü  Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran
b.      Kegiatan Inti (65 Menit)
1.      Mengamati
ü  Mengkaji literatur mengenai tahapan pembelahan meiosis pada  meosis I dan II
ü  Melihat diagram/gambar atau menonton animasi tentang pembelahan meiosis pada meiosis I dan II
2.      Menanya
ü  Siswa diminta untuk menuliskan pertanyaan dengan cara menulis dikertas plano dan ditempel didepan papan tulis
3.      Mengumpulkan Data
ü  Diskusi  mengenai perbedaan pembelahan meiosis pada meiosis I dan II dengan menggunakan berbagai sumber belajar seperti buku, internet, charta, video dan sumber lain yang relevan
4.      Mengasosiasi
ü  Menarik kesimpulan mengenai perbedaan pembelahan mitosis yang terjadi pada fase interfase dan fase mitotik dengan menggunkan kertas plano
5.      Mengkomunikasi
ü  Memaparkan kesimpulan hasil diskusi secara lisan didepan kelas
c.       Penutup (15 Menit)
ü  Menanyakan apakah pada materi pembelahan meiosis ada yang belum dipahami
ü  Memberi evaluasi berupa post tes
ü  Proses belajar diakhiri dengan berdoa bersama

Pertemuan Keempat (2 x 45 menit )
a.       Pendahuluan (10 Menit)
ü  Dimulai dengan berdoa, mengabsen kehadiran siswa dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
ü  Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran yang sama dengan materi sebelumnya melalui praktikum tentang pembelahan meiosis
b.      Kegiatan Inti (65 Menit)
1.      Mengamati
ü  Mencoba mengamati dilaboraturium melalui mikroskop tentang tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II pada serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo discolor) dengan pemberian pewarnaan asetokarmin dengan benar dan teliti
2.      Menanya
ü  Siswa diminta untuk menuliskan pertanyaan terkait dengan pengamatan yang belum dipahami di lembar kerja kelompok yang telah disediakan dimeja ruangan
3.      Mengumpulkan Data
ü  Melakukan percobaan dilaboraturium dengan meletakkan kepala sari pada obyek glass dan meneteskan dengan pewarna  asetokarmin kemudian menghaluskan kepala sari, mengaduk  dan menutup dengan obyek glass
ü  Mengamati dengan mikroskop mengenai tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II pada serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo discolor) dengan benar dan teliti
4.      Mengasosiasi
ü  Menganalisis hasil percobaan tentang tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II pada serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo discolor) dilaboraturium pada lembar kerja berupa laporan tertulis yang telah disiapkan  dan kemudian di simpulkan
5.      Mengkomunikasi
ü  Menyampaikan hasil analisis percobaan tentang tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II pada serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo discolor) secara berkelompok didepan ruangan dilaboraturium
c.       Penutup (15 Menit)
ü  Menanyakan apakah dari praktikum tentang pembelahan meiosis ada yang belum dipahami
ü  Menyampaikan pemberian tugas portofolio mengenai pembelahan mitosis dan meiosis
ü  Proses praktikum diakhiri dengan berdoa bersama

Pertemuan Kelima (2 x 45 menit )
a.       Pendahuluan (10 Menit)
ü  Dimulai dengan berdoa, mengabsen kehadiran siswa dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
ü  Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran
b.      Kegiatan Inti (65 Menit)
1.      Mengamati
ü  Mengkaji literatur atau buku tentang gametogenesis pada hewan yang meliputi proses spermatogenesis dan oogenesis
ü  Mengkaji literatur atau buku tentang gametogenesis pada tumbuhan tingkat tinggi yang meliputi tahap-tahap mikrosporogenesis dan megasporogenesis
ü  Melihat diagram/gambar atau menonton animasi tentang gametogenesis pada hewan yang meliputi proses spermatogenesis dan oogenesis dan tumbuhan tingkat tinggi yang meliputi tahap-tahap mikrosporogenesis dan megasporogenesis
2.      Menanya
ü  Siswa diminta untuk menuliskan pertanyaan berupa materi yang tidak dimengerti di selembar kertas yang telah disediakan
3.      Mengumpulkan Data
ü  Diskusi  mengenai perbedaan gametogenesis pada hewan dan tumbuhan tingkat tinggi dan hubungan dengan pembelahan mitosis dan meiosis dengan menggunakan berbagai sumber belajar seperti buku, internet, charta, video dan sumber lain yang relevan
4.      Mengasosiasi
ü  Menarik kesimpulan tentang perbedaan proses gametogenesis pada hewan melalui proses spermatogenesis dan oogenesis dengan proses gametogenesis pada tumbuhan tingkat tinggi melalui tahap mikrosporogenesis dan  megasporogenesis 
5.      Mengkomunikasi
ü  Mempresentasikan hasil diskusi dan menanggapi tanggapan dari apa yang telah disampaikan secara lisan sebagai pengambilan nilai pada peserta didik
c.       Penutup (15 Menit)
ü  Menanyakan apakah dari praktikum pada materi pembelahan meiosis ada yang belum dipahami
ü  Mengevaluasi dengan memberi soal uraian
ü  Proses belajar diakhiri dengan berdoa bersama

Pertemuan Keenam (2 x 45 menit )
a.       Pendahuluan (10 Menit)
ü  Dimulai dengan berdoa, mengabsen kehadiran siswa dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
ü  Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran
b.      Kegiatan Inti (65 Menit)
1.      Mengamati
ü  Mengkaji mengenai litaratur tentang keterkaitan  pewarisan sifat melalui pembelahan mitosis dan meiosis
2.      Menanya
ü  Siswa diminta membuat pertanyaan tentang materi yang belum dipahami di kertas yang sudah disediakan oleh peserta didik
3.      Mengumpulkan Data
ü  Diskusi mengenai perbedaan antara keterkaitan pewarisan sifat melalui pembelahan mitosis dan meiosis dengan menggunakan berbagai sumber belajar seperti buku, internet dan sumber lain yang relevan
4.      Mengasosiasi
ü  Menarik kesimpulan tentang perbedaan keterkaitan pewarisan sifat melalui pembelahan mitosis dan meiosis
5.      Mengkomunikasi
Memaparkan hasil diskusi secara lisan
c.       Penutup (20 Menit)
ü  Menanyakan apakah dari praktikum pada materi pembelahan meiosis ada yang belum dipahami
ü  Menyampaikan pemberian tugas projek berupa laporan
ü  Mengevaluasi dengan megerjakan soal pilihan ganda dan essay
ü  Proses belajar diakhiri dengan berdoa bersama

H.    Penilaian
1.      Jenis                                         : Tes dan non tes
2.      Teknik dan bentuk penilaian   :
    1. Penilaian kompetensi sikap meliputi :
1.      Rerata hasil observasi
2.      Penilaian Diri 
3.      Penilaian Sejawat
4.      Jurnal
Instrumen : Lihat lampiran 1

    1. Penilaian kompetensi pengetahuan:
1.      Tes tulis
2.      Tes lisan
3.      Hasil diskusi
4.      Penugasan
Instrumen : Lihat lampiran 2

    1. Penilaian kompetensi keterampilan:
1.      Penilaian projek
2.      Penilaian portofolio
3.      Penilaian Praktikum
Instrumen : Lihat lampiran 3



                                                                           Malang,  15 Januari 2014
   Mengetahui
   Kelapa Sekolah SMA                                             Guru Mata Pelajaran Biologi




Dr. H.  Septian Rifaldi, M.Pd                               Ahmad Najmul Abidin                                    NIP.196212071988112002                                     NIM. 201110070311036



Lampiran 1
a.      Penilaian Kompetensi Sikap
1.      Penilaian Sikap Siswa Terhadap Guru Pengajar
No
Nama
Perilaku yang diamati pada Proses Pembelajaran
Menghormati
Penuh Perhatian
Kejujuran
1
ADAM KEVIN NOVANANDA



2
AKHSANA ZUFAR     




Rubrik Penilaian Sikap Siswa Terhadap Guru Pengajar
Perilaku yang diamati pada Proses Pembelajaran

Skor

Indikator




Menghormati
4
Siswa selalu menghormati guru dan selalu menunjukkan perilaku santun terhadap guru dan selalu mematuhi nasihat guru.
3
Siswa menghormati guru dan menunjukkan perilaku santun terhadap guru dan mematuhi nasihat guru.
2
Siswa cukup menghormati guru dan menunjukkan perilaku cukup santun terhadap guru dan cukup mematuhi nasihat guru.
1
Siswa tidak menghormati guru dan tidak menunjukkan perilaku santun terhadap guru dan tidak mematuhi nasihat guru.


Penuh Perhatian
4
Siswa selalu menunjukkan sikap positif dan kasih sayang kepada guru.
3
Siswa menunjukkan sikap positif dan kasih sayang kepada guru.
2
Siswa cukup menunjukkan sikap positif dan kasih sayang kepada guru.
1
Siswa kurang menunjukkan sikap positif dan kasih sayang kepada guru.


Kejujuran
4
Siswa selalu bertutur kata apa adanya, selalu dapat dipercaya, selalu tulus dalam mengerjakan tugas dari guru.
3
Siswa bertutur kata apa adanya, dapat dipercaya, tulus dalam mengerjakan tugas dari guru.
2
Siswa cukup dapat dipercaya, cukup tulus dalam mengerjakan tugas dari guru.
1
Siswa selalu tidak dapat dipercaya, tidak tulus dalam mengerjakan tugas dari guru.

Rubrik penilaian sikap santun
Kriteria
Skor
Indikator
Sangat Baik (SB)
4
Selalu santun dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman
Baik (B)
3
Sering santun dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman
Cukup (C)
2
Kadang-kadang santun dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman
Kurang (K)
1
Tidak pernah santun dalam bersikap dan bertutur kata kepada guru dan teman

2.      Penilaian Sikap Siswa Terhadap Materi Pemebelajaran
No
Nama
Perilaku yang diamati pada Proses Pembelajaran
Rasa Ingin Tahu
Senang
Ketertarikan
1
ADAM KEVIN NOVANANDA



2
AKHSANA ZUFAR     




Rubrik Penilaian Sikap Siswa Terhadap Materi Pembelajaran
Perilaku yang diamati pada Proses Pembelajaran

Skor

Indikator





Rasa Ingin Tahu
4
Siswa selalu menunjukkan rasa ingin tahu dengan bertanya, dan mencari informasi dari berbagai sumber.
3
Siswa menunjukkan rasa ingin tahu dengan bertanya, dan mencari informasi dari berbagai sumber.
2
Siswa cukup menunjukkan rasa ingin tahu dengan bertanya, dan mencari informasi dari berbagai sumber.
1
Siswa kurang atau tidak menunjukkan rasa ingin tahu dengan bertanya, dan mencari informasi dari berbagai sumber.



Senang
4
Siswa selalu menunjukkan rasa senang dengan wajah ceria saat menerima materi pelajaran.
3
Siswa menunjukkan rasa senang dengan wajah ceria saat menerima materi pelajaran.
2
Siswa cukup menunjukkan rasa senang dengan wajah ceria saat menerima materi pelajaran.
1
Siswa kurang atau tidak menunjukkan rasa senang dengan wajah tidak ceria saat menerima materi pelajaran.



Ketertarikan
4
Siswa sangat tertarik materi pelajaran dengan selalu bertanya dan merespon pertanyaan guru.
3
Siswa tertarik materi pelajaran dengan bertanya dan merespon pertanyaan guru.
2
Siswa cukup tertarik materi pelajaran dengan kadang-kadang bertanya dan merespon pertanyaan guru.
1
Siswa tidak tertarik materi pelajaran dan tidak bertanya dan merespon pertanyaan guru.

3.      Penilaian Sikap Siswa Terhadap Proses Pembelajaran
No
Nama
Perilaku yang diamati pada Proses Pembelajaran
Aktif
Fokus
Antusias
Pemahaman
1
ADAM KEVIN NOVANANDA




2
AKHSANA ZUFAR     





Rubrik Penilaian Sikap Siswa Terhadap Proses Pembelajaran
Perilaku yang diamati pada Proses Pembelajaran

Skor

Indikator





Aktif
4
Siswa selalu proaktif dan selalu berkontribusi dalam diskusi kelas, selalu memulai diskusi pada isu-isu yang terkait dengan materi.
3
Siswa proaktif dan berkontribusi dalam diskusi kelas, memulai diskusi pada isu-isu yang terkait dengan materi.
2
Siswa cukup proaktif dan cukup berkontribusi dalam diskusi kelas, kadang-kadang diskusi pada isu-isu yang terkait dengan materi.
1
Siswa tidak proaktif dan tidak berkontribusi dalam diskusi kelas, tidak pernah memulai diskusi pada isu-isu yang terkait dengan materi.



Fokus
4
Siswa selalu memperhatikan, selalu memahami instruksi, selalu konsentrasi pada tugasnya.
3
Siswa memperhatikan, memahami instruksi, konsentrasi pada tugasnya.
2
Siswa cukup memperhatikan, cukup memahami instruksi, cukup konsentrasi pada tugasnya.
1
Siswa tidak memperhatikan, tidak memahami instruksi, tidak konsentrasi pada tugasnya.



Antusias
4
Siswa sangat antusias dengan materi yang diajarkan dan selalu merespon pertanyaan dari guru.
3
Siswa antusias dengan materi yang diajarkan dan merespon pertanyaan dari guru.
2
Siswa agak antusias dengan materi yang diajarkan dan jarang merespon pertanyaan dari guru.
1
Siswa tidak antusias dengan materi yang diajarkan dan jarang atau tidak pernah merespon pertanyaan dari guru.




Pemahaman
4
Siswa sangat mengerti dan selalu dapat menginterpretasikan, menjelaskan materi dengan benar dengan bahasanya sendiri
3
Siswa mengerti dan dapat menginterpretasikan, menjelaskan materi dengan benar dengan bahasanya sendiri
2
Siswa cukup mengerti dan cukup dapat menginterpretasikan, menjelaskan materi dengan benar dengan bahasanya sendiri
1
Siswa tidak mengerti dan tidak dapat menginterpretasikan, menjelaskan materi dengan benar dengan bahasanya sendiri

b.      Contoh Draf Cek Penilaian Diri
No.
Pertanyaan
Ya
Tidak
1
Dalam eksperimen saya mengakaji literatur pembelahan mitosis dan meiosis terhadap fase-fase pembembelahannya, saya mencatat perbedaan yang terjadi pada pembelahan mitosis dan meiosis


2
Saya menyelesaikan tugas ekperimen sesuai dengan waktu yang telah ditentukan


3
Saya melaporkan hasil eksperimen sesuai dengan literatur yang saya kaji


4
dsb



c.       Contoh Draf Cek Penilaian Sejawat
No.
Pertanyaan
Ya
Tidak
1
Mau menerima pendapat teman


2
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya


3
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan


4
Dapat bekerja sama dengan teman yang berbeda status sosial, suku dan agama


5
dsb



Contoh Pengolahan Nilai Kompetensi Sikap (Mata Pelajaran)
No
Nama
OBS
PD
PS
Jurn
RNil
RAPOR (LBH)
Kual
Desk
1
Ani
85
75
80
75
79
B
Sikapnya baik, berpakaian sesuai syariat Islam, menunjukkan sikap jujur dan hormat kepada guru. Namun kontrol diri perlu ditingkatkan. 
Keterangan:
1.      R OBS : Rerata hasil observasi
2.      PD       : Penilaian Diri 
3.      PS        : Penilaian Sejawat
4.      JURN : Jurnal
5.      KUAL             : Kualifikasi/Predikat  
6.      DESK : Deskripsi

Lampiran 2      
Penilaian Kompetensi  Pengetahuan
1.      Tes tulis
Contoh Soal Pilihan Ganda
Kompetensi Dasar       : 3.4 Menganalisis proses pembelahan sel
Indikator                     : Siswa dapat membedakan tahap-tahap pembelahan mitosis
  dan meiosis

Rumusan butir soal
Perhatikan tabel berikut ini !
No.
Tahap-tahap pembelahan sel
1
Anafase à Profase à Metafase à  Telofase
2
Metafase à Profase à Telofase à Anafase
3
Profase à Metafase à Anafase à Telofase
4
Profase I à Metafase  à Telofase I à Anafase I
Profase II à Anafase II à Metafase II à Telofase II
5.
Profase I à Metafase I à Anafase I à Telofase I
Profase II à Metafase II à Anafase II à Telofase II

Dari tabel diatas manakah yang termasuk tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis......
a.       1 dan 3
b.      1 dan 4
c.       1 dan 5
d.      2 dan 4
e.       3 dan 5
Kunci : E

Contoh Soal Uraian
Kompetensi Dasar       : 3.4 Menganalisis proses pembelahan sel
Indikator                     : Siswa dapat menjelaskan dan membedakan tahap-tahap
  pembelahan sel mitosis dan meiosis
Rumusan butir soal
Didalam pembelahan sel secara mitosis terdapat fase interfase dan mitotik sedangkan pada pembelahan sel secara meiosis terdapat tahap meiosis I dan II. Dalam pernyataan tersebut
a.       Jelaskan perbedaan pembelahan pada fase interfase dan mitotik ?
b.      Apakah perbedaan antara profase  dengan profase I
c.       Apakah perbedaan meiosis I dan II ?
d.      Apakah yang membedakan tahap pembelahan sel secara mitosis dengan meiosis ?

Contoh Pengolahan Nilai Kompetensi Pengetahuan
No
Nama
Nilai Harian
RNH
NTS
NAS
R
NIL
Rapor (LBH)
KD-1
KD-2
dst
KONV
PRED
1
Andi
76
78
80
78
80
85
81
3.00
B












Keterangan:
1.      Nilai Harian     : Hasil tes tulis, tes lisan, dan penugasan pada KD tertentu.
2.      RNH               : Rerata Nilai Harian
3.      NTS                 : Nilai Tengah Semester;  
4.      NAS                : Nilai Akhir Semester
5.      R NIL             : Rerata RNH, NTS, dan NAS
6.      KONV            : Nilai hasil konversi 1 – 4;  
7.      PRED              : Predikat

2.      Penilaian Hasil Diskusi

Lembar Pengamatan Kegiatan Kelompok
Mata Pelajaran      :
Kelas / Semester    :
Topik                                 :
Waktu Pelaksanaan           :
No
Nama
Aspek Pengamatan
Jumlah Skor
Nilai
Ket
Kerja sama
Mengkom. pendapat
Toleransi
Kreatif
Menghargai Pendapat teman
1
ADAM KEVIN NOVANANDA








2
AKHSANA ZUFAR     








3
ANNELIA PUTRI K   









Keterangan skor:
4 = jika siswa menunjukkan aktivitas aspek yang dinilai lebih dari 3 kali
3 = jika siswa menunjukkan aktivitas aspek yang dinilai 2-3 kali
2 = jika siswa menunjukkan aktivitas aspek yang dinilai 1 kali
1 = jika siswa tidak menunjukkan aktivitas aspek yang dinilai.

Nilai = jumlah skor perolehan x 100
            Skor maksimal (25)

Lembar Penilaian Presentasi

Mata Pelajaran :
Kelas / Semester          :
Topik                           :
Waktu Pelaksanaan     :

No
Nama
Aspek Pengamatan
Jumlah Skor
Nilai
Ket.
Percaya diri
Sikap
Tata Bahasa
Kreatif
Menghargai pendapat teman
1
ADAM KEVIN NOVANANDA








2
AKHSANA ZUFAR     









Keterangan skor:
4 = jika siswa menunjukkan aktivitas aspek yang dinilai lebih dari 3 kali
3 = jika siswa menunjukkan aktivitas aspek yang dinilai 2-3 kali
2 = jika siswa menunjukkan aktivitas aspek yang dinilai 1 kali
1 = jika siswa tidak menunjukkan aktivitas aspek yang dinilai.

Nilai = jumlah skor perolehan x 100
            Skor maksimal (25)

Lampiran 3
Penilaian Kompetensi Keterampilan
Contoh Rubrik Kerampilan Berbicara
Kriteria
Skor
Indikator

Kelancaran (Fluency)
3
Lancar
2
Kurang Lancar
1
Tidak Lancar
Pengucapan (pronunciation)
3
Baik
2
Kurang Baik
1
Tidak Baik

Intonasi (Intonation)
3
Sesuai
2
Kurang Sesuai
1
Tidak Sesuai

Pilihan Kata (Diction)
3
Tepat
2
Kurang Tepat
1
Tidak Tepat

Contoh Pedoman Pensekoran Projek
No.
Aspek yang dinilai
Skor Maks
1
Persiapan
Latar Belakang (tepat = 3 ; kurang tepat = 2 ; tidak tepat = 1)
Rumusan Masalah (tepat = 3 ; kurang tepat = 2 ; tidak tepat = 1)
6
2
Pelaksanaan
a.       Keakuratan data/informasi (akurat = 3 ; kurang akurat = 2 ; tidak akurat = 1)
b.      Kelengkapan data (lengkap = 3 ; kurang lengkap = 2 ; tidak lengkap = 1)
c.       Analisis data (baik = 3 ; kurang baik = 2 ; tidak baik = 1)
d.      Kesimpulan (tepat = 3 ; kurang tepat = 2 ; tidak tepat = 1)
12
3
Pelaporan hasil
a.       Sistematika laporan (baik = 3 ; kurang baik = 2 ; tidak baik = 1)
b.      Penggunaan bahasa (sesuai kaidah = 3 ; kurang sesuai kaidah = 2 ; tidak sesuai kaidah = 1)
c.       Penulisan/ejaan (tepat = 3 ; kurang tepat = 2 ; tidak tepat/banyak kesalahan = 1)
d.      Lampiran (menarik = 3 ; kurang menarik = 2 ; tidak menarik = 1)
12
Skor maksimal
30

Contoh Tugas Portofolio
Mata pelajaran   : Biologi                    
Kelas/Semester  : XII / I
Peminatan          : Ilmu Alam
Judul Portofolio :  Penyusunan laporan praktikum pembelahan sel
Tujuan                            : Peserta didik dapat menyusun laporan praktikum biologi  dengan benar.
Ruang lingkup:
1.      Karya portofolio yang dikumpulkan adalah seluruh hasil laporan praktikum biologi kelas XII semester 1.
2.      Setiap laporan hasil praktikum dikumpulkan selambat-lambatnya satu minggu setelah peserta didik melaksanakan praktikum.
3.      Penilaian karya portofolio terpilih dilaksanakan satu minggu sebelum Ulangan Akhir Semester 1.

Uraian tugas portofolio:
1.      Buatlah laporan praktikum Biologi untuk seluruh kegiatan praktikum selama semester 1.
2.      Laporan praktikum meliputi: persiapan, pelaksanaan, dan hasil praktik.
3.      Diskusikan dengan guru untuk memilih beberapa karya/laporan  praktikummu yang  terbaik untuk dinilai.

Rubrik Penilaian Portofolio Praktikum Biologi
Kriteria
Skor
Indikator

Persiapan
3
Pemilihan alat dan bahan tepat
2
Pemilihan alat atau bahan
1
Pemilihan alat dan bahan tidak tepat

Pelaksanaan
3
Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tepat
2
Langkah kerja atau waktu pelaksanaan tepat
1
Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tidak tepat

Hasil
3
Data akurat dan simpulan tepat
2
Data akurat atau simpulat tepat
1
Data tidak akurat dan simpulan tidak tepat

Contoh Pengolahan Nilai Kompetensi Keterampilan
No.
Nama

Prakt
Proj
Porto
R NIL
Rapor (LBH)
KONV
PRED
1
Andi
80
75
75
77
2.66
B-









Keterangan:
1.      PRAKT  : Rerata nilai praktik
2.      PROJ     : Nilai Projek
3.      PORTO : Nilai Portofolio
4.      KONV   : Nilai hasil konversi 1 – 4
5.      PRED    : Predikat

Lampiran 4
Contoh Konversi Nilai
Interval
Hasil Konversi
96 – 100
4.00
91 – 95
3.66
85 – 90
3.33
80 – 84
3.00
75 – 79
2.66
70 – 74
2.33
65 – 69
2.00
60 – 64
1.66
55 – 59
1.33
< 54
1.00

Predikat dan Nilai Kompetensi
Predikat
Nilai Kompetensi

Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4.00
4.00
SB (Sangat Baik)
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B (Baik)
B
3.00
3.00
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C (Cukup)
C
2.00
2.00
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K (Kurang)
D
1.00
1.00

Lampiran 5
Indikator
Materi pokok
Komptensi Dasar 3.4
3.4.1        Siswa dapat menjelaskan pengertian pembelahan sel
3.4.2        Siswa dapat menjelaskan tahap-tahap  pembelahan mitosis pada fase interfase dan mitotik
3.4.3        Siswa dapat menjelaskan tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II
3.4.4        Siswa dapat membedakan pembelahan mitosis dan meiosis
3.4.5        Siswa dapat menjelaskan proses perbedaan gametogenesis pada hewan dan tumbuhan tingkat tinggi
3.4.6        Siswa dapat membedakan keterkaitan antara pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat

A.    Pembelahan Sel
B.     Mitosis
      Fase pembelahan mitosis :
1.      Interfase
ü  Fase pertumbuhan primer
ü  Fase sintesis
ü  Fase pertumbuhan sekuder
2.      Mitotik
ü  Profase
ü  Metafase
ü  Anafase
ü  Telofase
C.     Meiosis 
1.      Tahapan Pembelahan meiosis :
a.       Meiosis I
ü  Profase I
ü  Metafase I
ü  Anafase I
ü  Telofase I
b.      Meiosis II
ü  Profase II
ü  Metafase II
ü  Anafase II
ü  Telofase II
2.      Gametogenesis
a.       Hewan
ü  Spermatogenesis
ü  Oogenesis
b.      Tumbuhan tingkat tinggi
ü  Mikrosporogenesis
ü  Megasporogenesis
D.    Keterkaitan antara pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
1.      Pewarisan sifat mealui pembelahan mitosis
2.      Pewarisan sifat melalui pembelahan mieosis
Kompetensi Dasar 4.4
4.4.1        Siswa dapat mengamati fase-fase pembelahan mitosis pada fase interfase dan mitotik melalui percobaan pada ujung akar bawang merah (Allium cepa) dilaboraturium menggunakan mikroskop
4.4.2        Siswa dapat menyajikan data hasil dari pengamatan tentang tahap-tahap pembelahan  mitosis pada fase interfase dan mitotik pada ujung akar bawang merah (Allium cepa) melalui diskusi kelompok
4.4.3        Siswa dapat mengamati tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II melalui percobaan pada serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo discolor) dilaboraturium menggunakan mikroskop
4.4.4        Siswa dapat menyajikan data hasil dari pengamatan tentang tahap-tahap pembelahan meiosis pada meiosis I dan II pada serbuk sari bunga adam hawa (Rhoeo discolor) melalui diskusi kelompok


3 komentar:

  1. assalamualaiukum paak,
    saya boleh tau apa tugas proyek pada materi pembelahan sel ini pak ? soalnya saya liat diatas ada lembar penilaian proyeknya . mohon balasanya ya pak. terimakasih sebelumnyaa .
    walaikumsalam :)

    BalasHapus